Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tempat Beli Reksa Dana Online Terbaik Murah Meriah di Indonesia

Lagi cari tempat beli reksa dana online terbaik yang memberikan harga murah meriah? Gampang, ada banyak tempat kok yang bisa membantumu untuk membeli dan berinvestasi reksadana.

Di jaman modern seperti saat ini, beli reksa dana tidak perlu pergi jauh ke manajer investasi, cukup pakai hp atau lewat laptop, kamu sudah bisa beli reksa dana secara online.

Nah, jika kamu bingung dan tidak memiliki pengalaman mau beli di mana, berikut ini saya rekomendasikan tempat beli reksadana online terbaik dan murah meriah:

Tempat Beli Reksa Dana Online Terbaik Murah Meriah di Indonesia

Tempat Beli Reksa Dana Online Terbaik

Sebenarnya ada cukup banyak tempat beli reksa dana online di Indonesia. Tapi dilihat dari berbagai sisi, menurut saya ada 7 tempat investasi reksadana online yang patut banget dipertimbangkan.

1. Beli Reksa Dana di Bareksa

Yang pertama kamu bisa membeli reksa dana di Bareksa.com. Tempat ini dikenal sebagai salah satu supermarket reksadana terbesar di Indonesia.

Hal ini didukung dengan banyaknya produk reksa dana yang disediakan bareksa.com, semua jenis reksa dana ada dengan berbagai varian produk.

Yang jelas, untuk pilihan reksadananya tidak perlu kuatir, bahkan kamu bisa memilihnya sampai kecapekan karena saking banyaknya pilihan.

Untuk masalah legalitas, bareksa.com sudah mengantongi ijin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) selaku agen penjual reksa dana.

Jadi tidak perlu kuatir uang kalian akan lenyap tanpa hasil, sudah ada badan yang mengawasi investasi reksa dana kalian di bareksa.com.

Sedangkan untuk kemudahan investasi saya rasa cukup mudah. Selain berbasis web, kamu juga bisa mendownload dan install aplikasi bareksa di smartphone.

Dengan begitu kamu bisa memantau dan mengelola reksa dana cukup dalam genggaman tangan, tidak perlu pakai laptop atau komputer.

2. Supermarket Reksadana IpotFund

Supermarket reksa dana online IpotFund merupakan tempat jual beli reksadana online di bawah kelolaan PT. Indo Premier Sekuritas.

Sebagai perusahaan ternama yang berkecimpung di dunia pasar modal, efek, dan jasa keuangan lain, IndoPremier tidak perlu diragukan kualitasnya, baik dari segi legalitas, keamanan dan profesionalitas.

Dari sisi variasi produk, IpotFund tidak kalah dengan bareksa.com, dari pantauan saya terakhir ada 246 produk reksadana dari 39 manajer investasi yang bisa kamu pilih.

Dengan varian produk sebanyak itu, tentu kamu bebas memilih reksadana sesuai keinginan. Sedangkan untuk kemudahan, saya kira IpotFund juga patut dipertimbangkan.

Selain berbasis web, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi smartphone yang telah disediakan secara khusus bernama IpotGo.

3. Reksa Dana POEMS ProFunds

Seperti halnya IpotFund yang dikelola oleh perusahaan ternama dalam bidang keuangan, POEMS ProFunds juga demikian.


Selain menjual produk reksa dananya sendiri, perusahaan ini lebih memilih untuk menjual produk reksadana dari perusahaan lain juga.

Saat ini dari pantauan saya, POEMS menyediakan 128 produk reksa dana dengan berbagai jenis dari 26 manajer investasi.

Dari sisi keamanan dan kepercayaan, sudah pasti terjamin. Sedangkan dari sisi kemudahan juga tak kalah dari IpotFund.

POEMS menyediakan aplikasi mobile untuk mempermudah pemantauan dan pengelolaan investasi, kamu bisa menginstallnya baik di Android maupun di Iphone.

4. Reksadana Bibit.id

Jika kamu sedang mencari tempat beli reksadana online khusus untuk smartphone, artinya berbentuk aplikasi, Bibit bisa menjadi pilihannya.

Bibit merupakan platform jual beli reksa dana online yang dikhususkan dalam bentuk aplikasi smartphone yang tersedia di PlayStore dan App Store.

Di PlayStore sendiri aplikasi Bibit mendapat rating 4,7 dengan jumlah unduhan lebih dari 100 ribu, saya kira ini sudah cukup membuktikan kalau Bibit mampu menyediakan platform yang nyaman digunakan.

Dari sisi keamanannya sudah pasti aman karena telah terdaftar dan diawasi OJK. Selain itu, keunggulan utama Bibit adalah adanya fitur Robo yang dapat memilihkan reksadana sesuai profil risiko secara otomatis.

Adanya fitur Robo tersebut tentu akan memudahkan investor pemula yang sedang belajar investasi. Ditambah lagi ada fitur GoPay yang memudahkan dalam proses pembayaran.

Intinya, aplikasi Bibit ini patut banget dipertimbangkan jika kamu masih bingung mau membeli reksadana di mana?

5. Tanamduit

Selain Bibit, Tanamduit juga merupakan tempat jual beli reksa dana online berbasis mobile app yang tersedia di PlayStore dan App Store.

Dengan unduhan lebih dari 50 ribu dan rating sebesar 4,2 di PlayStore, juga sudah membuktikan kalau aplikasi ini layak digunakan, walaupun belum sepopuler Bibit.

Keunggulannya, di Tanamduit tidak hanya menyediakan berbagai macam reksa dana, namun juga menyediakan investasi pada Surat Berharga Negara (SBN) dan asuransi.

Jadi kalau kamu tertarik dengan reksadana sekaligus ingin proteksi dari asuransi, kamu bisa memanfaatkan 2 fungsi tersebut hanya dalam 1 aplikasi Tanamduit saja, tidak perlu repot dengan aplikasi atau platform lain.

6. Reksadana Bukalapak

Bukalapak sebagai salah satu marketplace terbesar di Indonesia tidak mau kalah untuk menghadirkan reksa dana. Melalui Bukareksa, Bukalapak menyediakan berbagai macam reksa dana untuk investor.

Namun sayangnya, produk reksa dana Bukareksa yang disediakan belum sebanyak bareksa.com. Dari pantauan terakhir saya, Bukareksa hanya menyediakan beberapa produk berikut ini:
  • Reksa dana pasar uang sebanyak 4 produk
  • Reksa dana pendapatan tetap sebanyak 7 produk
  • Reksa dana campuran 5 produk
  • Reksa dana saham 11 produk
Jadi total ada 27 produk reksadana yang tersedia. Namun, Bukareksa tentu menyediakan produk dari manajer investasi pilihan yang berkinerja baik seperti Sucorinvest, Mandiri Investasi, Paribas, dan Manulife.

Dari sisi keamanan sudah tidak perlu diragukan lagi, selain karena sudah mengantongi ijin OJK, juga Bukalapak terkenal dengan sistem pembayaran yang baik.

Sayangnya lagi, Bukalapak belum menyediakan aplikasi smartphone khusus untuk bukareksa, jadi masih gabung dengan bukalapak.

7. Reksadana Tokopedia

Yang terakhir, salah satu tempat beli reksadana online terbaik yang saya pribadi rekomendasikan adalah Tokopedia.
Advertisement


Untuk membeli reksadana di tempat ini, kamu cukup menyediakan modal minimal Rp. 10.000 saja. Tidak banyak lho tempat beli reksadana online yang memberikan minimal investasi semurah ini!

Hanya saja, untuk pilihan reksadana cukup terbatas. Pasalnya dari pantauan terakhir Tokopedia hanya menyediakan 2 produk reksadana, yaitu Mandiri Pasar Uang Syariah Ekstra, dan Syailendra Dana Kas.

Untuk segi keamanan dan legalitas, Tokopedia aman digunakan untuk membeli reksadana. Cuman, seperti bukareksa, belum tersedia aplikasi khusus untuk reksadana di smartphone.

Tips Memilih Tempat Jual Beli Reksadana Online

Tempat jual beli reksadana online di atas berdasarkan penilaian saya pribadi ketika mencoba menjelajah web atau aplikasi mereka.

Jika kalian ingin merasakan dan menilai sendiri suatu platform, saya menyarankan untuk memperhatikan beberapa hal. Diantaranya sebagai berikut:

1. Perhatikan Legalitas dan Keamanannya

Wajib hukumnya hanya berinvestasi pada platform yang sudah mengantongi ijin dari pihak berwenang, dalam hal reksadana berarti OJK.

Bisa dikatakan kalau platform investasi tanpa ijin OJK adalah platform investasi abal-abal. Jika kamu menemukan dan ditawari keuntungan besar, jangan percaya!

Selain legalitas, kamu juga perlu memperhatikan keamanan selain legalitas, misalnya sistem pembayarannya seperti apa, sistem keamanan webnya seperti apa, dll.

Misalnya saja kalau kamu mengunjungi tempat jual beli reksadana online berbasis web, pastikan alamat ber-https, tidak hanya http saja.

https (ada S nya) adalah mengaman enskripsi situs web, setiap data yang kamu input di web tersebut tidak akan bisa dilihat oleh peretas atau oknum nakal yang sengaja memasang “jebakan” di web tersebut.

2. Kebijakan Pembelian dan Penjualan Reksadana

Ketika kamu membeli reksadana, wajar jika suatu ketika kamu akan menjualnya. Hanya saja kamu perlu memperhatikan seksama tentang kebijakan pembelian dan penjualannya.

Tiap platform jual beli reksadana dan manajer investasi mungkin berbeda-beda tentang kebijakan ini, jadi pastikan kamu memahaminya.

Jika kamu ingin tahu kebijakan dari tempat/agen jual beli reksadana, biasanya tersedia di bagian Syarat dan Kebijakan Layanan, jika tidak ada bisa langsung ditanyakan pada Csnya.

Jika kamu pengen tahu kebijakan dari reksadana itu sendiri atau manajer investasi, kamu bisa melihatnya pada prospektus reksadana.

3. Kemudahan Dalam Penggunaan

Sebaik apapun tempatnya tapi kalau sulit atau repot untuk digunakan pasti akan menyebalkan juga. Seperti yang saya sebutkan di atas semisalnya, ada yang berbasis web dan ada pula aplikasi.

Dua basis ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, pastikan kamu memiliki tempat jual beli reksa dana online yang pas sesuai gayamu.

Tips dari saya, kalau kamu tahu sebuah tempat jual beli reksadana, sebelum mendaftar dan bergabung, coba aja dulu jelajah situs atau aplikasi tersebut.

Coba perhatikan kemudahan akses, loading time, navigasi, dan lain sebagainya. Kalau kamu merasa oke, baru deh bergabung!

4. Support Yang Baik

Adanya tim support seperti halnya tim SAR, harusnya siap siaga untuk membantu kalian yang sedang kesulitan. Tim support juga seharusnya menjadi P3K kalian.

Saya pribadi anti banget dengan fintech atau jasa lain yang memiliki support buruk, sekali nemuin CS yang buruk pasti akan selalu saya tinggalkan layanan tersebut.

Jadi sebelum gabung, boleh juga untuk iseng bertanya kepada CS untuk menguji seberapa baik pelayanan mereka.

Kalau saya pribadi pasti akan memilih layanan yang memiliki suppor handal, tersedia kapanpun sehingga dapat membantu saya ketika menghadapi kesulitan.

-----
Oke ya semuanya, itulah beberapa tempat jual beli reksa dana online terbaik di Indonesia menurut saya. Semoga tempat-tempat di atas bisa menjadi referensi menemukan tempat terbaik untuk kalian. Jangan lupa untuk share artikel ini juga ya, thanks dan salam sukses.