Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu Prospektus Reksa Dana? Apa Aja Isinya?

Apa Itu Prospektus Reksa Dana? Apa Aja Isinya?

Kalau kalian ingin membeli sebuah reksa dana, pasti akan disediakan dokumen yang disebut dengan Prospektus. Apa itu sebenarnya prospektus reksa dana? Apa aja isinya? Singkatnya, prospektus itu berisi informasi detail tentang reksa dana yang ingin kalian beli, jadi isinya berupa informasi penting terkait reksa dana.

Apakah wajib dibaca? Wajib sih tidak, tapi bagaimana kalian akan memahami tentang reksa dana jika tidak membaca prospektusnya? Reksa dana memang risikonya lebih rendah ketimbang kebanyakan investasi lain, tapi bukan berarti 100% aman. Jadi alangkah baiknya jika kalian membaca prospektus reksa dana untuk benar-benar memahami isinya.

Nah, apa saja yang bisa kalian pahami dari sebuah reksa dana melalui prospektus? Berikut ini pembahasan mengenai pengertian prospektus reksadana, dan apa saja isi yang bisa kalian pahami dari membacanya:


Apa Itu Prospektus Reksa Dana? Apa Aja Isinya?

Apa Itu Prospektus Reksa Dana?

Seperti yang saya singgung di atas, prospektus reksa dana merupakan dokumen yang memberikan informasi detail mengenai reksa dana, mulai dari awal pembentukan reksa dana, cara membeli, kebijakan investasi, dan bahkan hingga informasi terkait pembubaran atau likuidasi reksa dana tersebut.

Informasi dalam dokumen tersebut akan selalu diupdate, karena secara berkala manajer investasi akan menerbitkan dan memperbaruinya. Adanya informasi yang selalu up to date ini penting guna menunjang kebutuhan analisis investasi bagi para investor untuk pengambilan keputusan.

Apa Saja Isi Prospektus Reksa Dana?

Prospektus reksa dana itu bukan dokumen yang singkat, ada banyak sekali bab dalam prospektus. Tapi dari sekian banyak bab, hanya ada beberapa saja yang perlu kalian baca dan pahami. Artinya, hanya dengan memahami beberapa bagian dari prospektus, kalian sudah akan siap berinvestasi pada reksa dana tersebut. Apa saja yang perlu dipahami ketika membaca prospektus reksa dana? Simak berikut ini:

1. Manajer Investasi

Informasi tentang manajer investasi sangat penting untuk kalian ketahui, karena manajer investasi sendiri merupakan pihak yang akan menentukan nasib dari reksa dana. Baik buruknya kinerja reksa dana sangat bergantung pada kemampuan manajer investasi dalam mengelola dana reksa dana.

Dengan memahami bagian ini, kalian akan tahu bagaimana track record, prestasi, dan pengalaman manajer investasi. Pastikan kalian memilih manajer investasi yang handal dan profesional!

2. Tujuan, Kebijakan, dan Pembatasan Investasi

Dalam bagian ini, kalian akan dapat memahami apa sih tujuan dari pengelolaan aset dari reksa dana, misalnya tujuan dari reksa dana adalah memberikan tingkat pertumbuhan nilai investasi jangka panjang, mendapatkan pendapatan yang tinggi, atau lain sebagainya.
Advertisement


3. Manfaat dan Faktor Risiko Utama Investasi

Dari sisi manfaat, kalian akan paham tentang manfaat investasi melalui pengelolaan dana yang dilakukan oleh manajer investasi, misalnya pertumbuhan nilai aset reksa dana, diversifikasi investasi, dan lain sebagainya. Sedangkan dari sisi risiko utama investasi, bagian ini akan menjelaskan apa saja potensi yang mampu berpengaruh buruk terhadap reksa dana, misalnya risiko gejolak politik, perubahan suku bunga, dan risiko likuidasi dari reksa dana itu sendiri.

4. Alokasi dan Imbalan Jasa

Pada bagian ini menerangkan apa saja biaya yang akan timbul dari aktivitas investasi reksa dana, baik yang bersifat administratif maupun imbalan jasa kepada manajer investasi dan Bank Kustodian, misalnya biaya imbalan jasa manajer investasi dan Bank Kustodian, biaya transaksi pembelian dan penjualan kembali, biaya bank jika beda rekening dengan rekening penampung dana reksa dana, dan lain sebagainya.

Berapa besarnya biaya? Hmmn, kebanyakan besaran biaya tergantung oleh kebijakan manajer investasinya, misalnya saja biaya pembelian dan penjualan, ada yang menggratiskan atau 0% dari nilai transaksi, ada yang membebankan 0.5%, 1%, dan lain-lain. Dengan membaca prospektus reksa dana inilah kalian nanti akan mengetahuinya.

5. Hak-hak Pemegang Unit Penyertaan

Maksud dari pemegang unit penyertaan adalah para investor reksa dana itu sendiri, jadi informasi pada bagian prospektus ini akan menjelaskan segala hak yang seharusnya didapatkan oleh semua investor. Apa saja hak investor? Banyak, beberapa diantaranya seperti hak memperoleh bagian hasil investasi, hak menjual sebagian atau seluruh reksa dana, hak akses informasi nilai aktiva bersih.

Selain itu, pemegang unit penyertaan juga berhak dilayani dengan mendapat informasi yang memadai, meliputi informasi Surat Konfirmasi Transaksi, dan laporan perkembangan reksa dana.

6. Pembubaran dan Likuidasi

Reksa dana bisa dibubarkan? Sangat bisa, tapi tenang karena pembubaran atau likuidasi tidak bisa dilakukan begitu saja. Penyebab utama kenapa reksa dana dibubarkan biasanya karena terkait izin, misalnya manajer investasi atau bank kustodian yang tidak lagi memiliki izin mengelola dana masyarakat dari pihak berwenang karena suatu alasan.

Nah, dalam bagian ini, kalian akan dijelaskan jikalau reksa dana harus dibubarkan, meliputi prosedur seperti apa yang akan dilakukan manajer investasi, lalu bagaimana dengan dana kalian.

7. Syarat dan Tata Cara Pembelian, Penjualan, dan Pengalihan Investasi

Terakhir bagian dari isi prospektus reksa dana yang wajib kalian baca adalah bagian ini, dalam informasi ini akan menjelaskan syarat dan tata cara bertransaksi reksa dana, misalnya cara pembelian dan penjualan reksa dana, pengalihan unit penyertaan baik sebagian atau seluruhnya, dan juga syarat-syarat yang dipersyaratkan dari transaksi tersebut.

Siap Berinvestasi Reksa Dana?

Setelah mengetahui apa itu prospektus reksa dana dan apa saja isinya, kini kalian sudah mampu menilai apakah suatu reksa dana itu bagus atau kurang bagus. Tentu ini analisis mendasar, untuk tingkat lanjut kalian perlu mempelajari portofolio dari reksa dana juga. Tapi tidak perlu khawatir, pelajari reksa dana pelan-pelan! Kalian bisa memulai untuk mencoba membaca prospektus di situs penjual reksa dana online.

Situs penjual reksa dana online? Ya, ada banyak situs di Indonesia, jika kalian mau saya rekomendasikan untuk mencoba www.bareksa.com. Di situs ini kalian bisa mempelajari banyak hal tentang reksa dana, salah satunya ya mencoba membaca prospektus yang bisa di download secara gratis.

----
Oke ya teman-teman semuanya, itulah penjelasan tentang apa itu prospektus reksa dana dan apa saja isi dari prospektus tersebut. Semoga penjelasan di atas bermanfaat dan membantu kalian lebih memahami tentang reksa dana, semoga juga kalian dapat berinvestasi dengan baik dan mampu meramaikan dunia investasi di Indonesia. Oh iya, jangan lupa untuk share artikel ini juga ya, thanks dan salam sukses.