Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengapa Kita Harus Berinvestasi ?

Mengapa Kita Harus Berinvestasi. Para investor berinvestasi untuk berbagai tujuan yang berbeda. Ada yang sekedar ingin memperoleh tambahan penghasilan.

Ada yang ingin agar uangnya bertambah dan tidak termakan oleh inflasi. Ada yang berinvestasi untuk dana pensiun di hari tua, ada pula yang berinvestasi untuk dana pendidikan.

Selain itu, ada pula tujuan investasi yang lebih "serius", yaitu melipatgandakan aset. Dibilang "serius" karena targetnya adalah pelipatanganda uang dalam jumlah besar, tidak sekedar pertambahan uang.

Dengan demikian target ini membutuhkan strategi dan kedisiplinan ekstra. Investasi pelipatanganda aset juga bertujuan mencapai kebebasan finansial. 

Kebebasan finansial artinya kita bisa memenuhi kebutuhan / gaya hidup yang kita inginkan bahkan dengan passive income. Uang yang kita miliki bisa membantu kuota mendapatkan pendapatan yang lebih. Istilahnya, peternakan uang. 

Diri kita ibarat sebuah perusahaan. Sebuah perusahaan yang sehat harus PROFIT, atau menghasilkan LABA. Artinya, setelah pendapatan dikurangi seluruh biaya masih ada sisa positif.

Gagal menghasilkan laba berarti bisnis perusahaan tersebut tidak baik. Hemat itu penting, tapi dengan hemat saja, "laba perusahaan" tidak akan tumbuh pesat. Mungkin mudah menyusut tanpa disadari.

Investasi yang berhasil akan membuat investornya mencapai damai sejahtera. Damai artinya kita tenang secara batin, sementara sejahtera artinya kebutuhan lahir terpenuhi.

Kalau secara lahir kita mengalami masalah, berarti secara batin kita susah merasa damai. Kita akan lebih damai dan nyaman menjalani kehidupan saat ini dan yang akan datang kalau kita sudah punya dana cadangan. Masih merasa investasi tidak penting ? 

Referensi :
May, Ellen. 2008. Smart Trader Rich Investor. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama